Bulan Pencegahan Kaki Gajah

 Bulan Eliminasi Penyakit Kaki Gajah yang dilaksanakan pada bulan Oktober 2017 merupakan tahun kedua periode 2015-2020 dimana setiap penduduk yang tinggal di Desa endimis penyakit Kaki Gajah di seluruh wilayah Indonesia secara serentak minum obat pencegahan penyakit kaki gajah

Minum obatnya hanya satu kali dalam setahun, selama minimal lima tahun berturu-turut, tapi mampu memutuskan rantai penularan penyakit kaki gajah sepenuhnya.

Kegiatan minum obat ini disebut Pemberian Obat Pencegahan Massal (POPM) Filariasis, merupakan langkagh akselesari untuk mewujudkab Indonesia bebas Kaki Gajah tahun 2020. Kegiatan ini serentak dilaksanakan pada 4 Oktober 2017.

Obat pencegahan penyakit kaki gajah yang diberikan pada POPM terdiri dari kombinasi tablet DEC 100mg dan tablet Albendazole 400mg. Adapun dosisnya untuk usia 2-5 tahun adalah 1 tablet DEC dan 1 tablet Albendazole, usia 6-14 tahun mendapat 2 tablet DEC dan 1 tablet Albendazole, dan bagi yang berusia diatas 14 tahun adalah 3 tablet DEC dan 1 tablet Albendazole.

Pemberian Albendazole pada POPM Filariasis mempunyai manfaat ganda, selain dapat mematikan atau memandulkan cacing filaria dewasa, juga dapat mematikan cacing perut seperti cacing gelang, cacing tambang, cacing cambuk dan cacing kremi.

Facebook Comments