Gotong Royong Penataan Lingkungan RT 5 RW II

Tambahmulyo, 7 April 2018 – Penduduk Indonesia dikenal sebagai penduduk yang ramah dimata bangsa lain. Disamping itu juga Indonesia terkenal dengan budaya gotong royong. Budaya gotong royong sangat kental dengan masyarakat desa. Gotong royong (solidaritas sosial) merupakan bentuk kepedulian atau keprihatinan seseorang terhadap orang lain sehingga ia rela memberikan waktu, tenaga atau pikirannya untuk orang lain.

Guna meningkatkan rasa kebersamaan dan kekompakan antar warga dan menciptakan lingkungan yang asri, bersih dan sehat, warga RT 5 RW II Desa Tambahmulyo Kecamatan Jakenan melaksanakan kegiatan gotong royong menata jalan lingkungan. Jalan tersebut merupakan jalan menuju RT 4 RT IV yang lingkungannya sudah bersih dan asri di tahun kemarin.

Gotong royong menunjukkan kebersamaan dan persatuan yang harus selau terjaga dengan baik. Kegiatan ini juga menunjukkan rasa kebersamaan sesama warga desa yang bertujuan untuk kepentingan bersama. Jika dilihat sekilas, gotong royong tampaknya hanya terlihat seperti suatu hal yang mudah dan sederhana, namun dibalik kesederhaan tersebut gotong royong menyimpan berbagai nilai yang mampu memberikan nilai positif bagi masyarakat. Nilai-nilai positif dalam gotong royong antara lain terciptanya kebersamaan, persatuan, rela berkorban, tolong menolong dan terciptanya silaturahmi yang baik antar masyarakat.

Karena gotong royong adalah warisan leluhur mencerminkan kebersamaan yang tumbuh dalam lingkungan masyarakat. Kebersamaan yang terjalin dalam gotong royong sekaligus melahirkan persatuan antar anggota masyarakat yang bertujuan untuk menumbuhkan dan menggerakkan kembali kesadaran warga akan pentingnya penataan lingkungan yang tertata dengan baik akan menumbuhkan pemikiran yang jernih dan positif bagi warga.