Asal Usul Posyandu Bugenvil

tambahmulyo-jakenan.desa.id, PATI – Wilayah Desa Tambahmulyo sangat luas, terdiri dari 30 RT dan 4 RW. Dalam hal kegiatan penimbangan balita yang semula ada 4 posyandu, mulai tahun 2015 berdirilah Posyandu Bugenvil. Usulan penambahan pos baru dikarenakan beberapa pertimbangan, salah satunya untuk mendekatkan balita ke tempat posyandu. Sasaran posyandu bugenvil adalah balita dan ibu hamil di 5 RT meliputi RT 7 RW I, RT 1, RT 2, RT 4 dan RT 7 RW II. Lokasi posyandu Bugenvil di rumah Bapak Kasi KESRA (Ahmad Juin) RT 4 RW II. Jadwal penimbangan Posyandu Bugenvil jatuh pada tanggal 16 setiap bulan mulai pukul 08.00 – 09.00 WIB. Kegiatan Posyandu Bugenvil meliputi penimbangan berat badan, pengukuran lengan dan Iminusasi. Untuk konsultasi kesehatan dan imunisasi balita dan ibu hamil bisa ketemu langsung kepada Bu Titik Bidan Desa.

Imunisasi DPT

Vaksin DPT merupakan jenis vaksin gabungan, Vaksin ini diberikan untuk mencegah penyakit defteri, tetanus, dan pertusis. Pertusis lebih dikenal dengan batuk rejan.

Dfteri merupakan penyakit berbahaya yang dapat menyebabkan sesak napas, radang paru-paru, hingga masalah jantung dan kematian. Sedangkan tetanus merupakan penyakit kejang dan kaku otot yang sama mematikannya. Dan terakhir adalah batuk rejan atau pertusis, yaitu penyakit batuk parah yang dapat mengganggu pernapasan. Sama seperti batuk rejan juga dapat menyebabkan radang paru-paru, kerusakan otak, bahkan kematian.

Pemberian vaksin DPT harus dilakukan lima kali yaitu pada saat anak berusia :

  • Dua bulan
  • Tiga bulan
  • Empat bulan
  • Satu setengah tahun
  • Lima tahun

Vaksin DTP tidak dilisensikan untuk anak-anak usia diatas tujuh tahun, remaja, atau dewasa, namun vaksin sejenis  yang disebut bisa diberikan pada usia 12 tahun. Efek samping vaksin DTP yang trgolong umum adalah rasa nyeri, demam dan mual. Efek samping yang jarang terjadi adalah kejang-kejang.

dok. Bugenvil Tambahmulyo
dok. Bugenvil Tambahmulyo
dok. Bugenvil Tambahmulyo
dok. Bugenvil Tambahmulyo
dok. Bugenvil Tambahmulyo
Facebook Comments