Makanan Tambahan untuk Balita Anggrek

Pengukuran Lengan Lingkar Atas (LILA)

TAMBAHMULYO – Gizi buruk atau yang dikenal sebagai kwashiorkor dalam dunia medis, merupakan salah satu bentuk malnutrisi. Malnutrisi itu sendiri dapat dipahami sebagai kesalahan dalam pemberian nutrisi.

Pada dasarnya kwashiorkor bisa diartikan sebagai kondisi dimana seseorang kekurangan asupan yang mengandung energi dan protein, padahal protein dibutuhkan tubuh dalam proses pembentukan sel-sel baru. Selain itu asupan ini juga turut membantu proses perbaikan sel-sel yang rusak.

Upaya yang dilakukan pemerintah untuk mengatasi gizi buruk adalah dengan memfokuskan perhatian pada kelompok 1000  hari pertama kehidupan. Mereka adalah wanita hamil, ibu menyusui, dan anak usia 0 – 23 bulan.

Ada beberapa hal yang dilakukan dalam upaya ini, antara lain program imunisasi wajib, program ASI eksklusif, pemberian makanan tambahan pendamping ASI serta program posyandu untuk membantu memantau tumbuh kembang anak.

Masalah gizi buruk dapat menimbulkan penyakit, kecacatan, dan kematian. Selain itu juga terdapat dampak jangka panjang bagi bangsa, yaitu kurangnya sumber data manusia yang berkualitas.

Gejala Gizi Buruk :

  • Pucat, kurus, perut cembung, dan kehilangan mass oto pada keempat anggota geraknya;
  • Anak terlihat sering gelisah;
  • Terjadi gangguan pertumbuhan meliputi berat badan dan tinggi badan;
  • Rambutnya menjadi mudah dicabut, tampak kusam, kering, dan sering terjadi perubahan warna;
  • Dapat pula terjadi perubahan pada kulit, kulit menjadi bersisik, terdapat bercak-bercak putih dan merah muda dengan tepi kehitaman;
  • Anak juga akan menderita anemia akibat kekurangan nutrien seperti zat besi dan vitamin B kompleks.

Posyandu Anggrek desa Tambahmulyo hari ini Sabtu tanggal 12 Mei 2018 (hari ini) mengadakan kegiatan penimbangan dan pengkuran Bayi/Balita sekaligus pemberian Makanan Tambahan bagi Balita Gizi Buruk.

Makanan Tambahan Balita Gizi Buruk
Imunisasi Balita
Penimbangan Berat Badan
Penimbangan dan Pengukuran Tinggi Badan
Kader Posyandu Anggrek Tambahmulyo