Pembinaan Desa Siaga Aktif

TAMBAHMULYO – Desa Siaga Aktif adalah bentuk Pengembangan dari Desa yang telah dimulai sejak tahun 2016. Desa Siaga Aktif adalah Desa yang :

  1. Penduduknya dapat mengakses dengan mudah pelayanan kesehatan dasar yang memberikan pelayanan setiap hari melalui Pos Kesehatan Desa atau sarana kesehatan yang ada diwilayah tersebut seperti Pusat Kesehatan Masyarakat Pembantu (PUSTU), Pusat Kesehatan Masyarakat (PUSKESMAS), atau sarana kesehatan lainnya.
  2. Penduduknya mengembangkan UKBM dan melaksanakan survailans berbasis masyarakat (meliputi pemantauan penyakit, kesehatan ibu dan anak, gizi, lingkungan dan perilaku), kedaruratan kesehatan dan penanggulangan bencana, serta penyehatan lingkungan sehingga masyarakatnya menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)

Berdasarkan pengertian tersebut diatas maka Desa Siaga Aktif memiliki komponen :

  • Pelayanan keseehatan dasar,
  • Pemberdayaan masyarakat melalui pengembangan melalui UKBM dan mendoorngupaya survailans berbasis masyarakat, kedaruratankesehatan dan penanggulangan bencana serta penyehatan lingkungan, dan
  • Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Bertempat di Balai Desa Tambahmulyo hari ini Kamis tanggal 2 Agustus 2018 telah diselenggarakan Pembinaan Desa Siaga Aktif oleh Tim Penyuluh dari Puskesmas Jakenan yang diikuti 2 Forum Kesehatan Desa (FKD) yaitu FKD Tambahmulyo dan FKD Tlogorejo. Dalam acara selanjutnya mereviw susunan pengurus FKD Tambahmulyo untuk dijadikan pegangan bagi pengurus FKD karena desa Tambahmulyo ditunjuk menjadi Desa Siaga Mandiri dan Posyandu Mandiri.