Desa Siaga Aktif Mandiri

TAMBAHMULYO – Desa Siaga adalah desa yang penduduknya memiliki kesiapan sumber daya dan kemampuan serta kemauan untuk mencegah dan mengatasi masalah-masalah kesehatan, bencana dan kegawatdaruratan kesehatan secara mandiri.

Tujuan Umum dari Desa Siaga adalah percepatan terwujudnya masyarakat desa dan kelurahan yang peduli, tanggap dan mampu mengenali, mencegah serta mengatasi permasalahan kesehatan yang dihadapi secara mandiri, sehingga kesehatannya meningkat.

Tujuan Khusus :

  • Mengembangkan kebijakan pengembangan Desa dan Kelurahan Siaga Aktif di tingkat pemerintah.
  • Meningkatkan komitmen dan kerjasama semua pemangku kepentingan pusat, provinsi, kabupaten, kota, kecamatan, desa, dan kelurahan untuk pengembangan Desa dan Kelurahan Siaga Aktif.
  • Meningkatkan akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan dasar di desa dan kelurahan.
  • Mengembangkan UKBM yang dapat melaksanakan surveilans berbasis masyarakat (meliputi pemantauan penyakit, kesehatan ibu, pertumbuhan anak, lingkungan dan perilaku).
  • Meningkatkan ketersediaan sumber daya manusia, dana maupun sumber daya lain yang berasal dari pemerintah, masyarakat dan swasta/dunia usaha, untuk pengembangan Desa dan Kelurahan Akftif.
  • Meingkatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Rumah Tangga di desa atau atau kelurahan.

Dinas Kesehatan Kabupaten Pati pada hari ini Sabtu tanggal 4 Agustus 2018 mengadakan pembinaan kepada Pengurus Forum Kesehatan Desa (FKD) dan Kader Kesehatan Desa di Balai Desa Tambahmulyo Kecamatan Jakenan dalam rangka Desa Tambahmulyo Menuju Desa Siaga Aktif Mandiri dan Posyandu Mandiri sebagai Desa pencontohan di Kecamatan Jakenan.