BIMTEK SID 2018 Untuk APEMDES dan Kecamatan Di Tutup

Penutupan BIMTEK SID 23 Juli sd 11 Agustus 2018

tambahmulyo-jakenan.desa.id – Konsep dan teori yang diterima dalam pembelajaran ada 3 tingkatan yaitu mendengarkan, melihat dan mempratekkan. Dengan semakin banyaknya urusan Pemerintah Desa baik regulasi Undang-Undang Desa dengan segala turunan perundang-undangannya, desa diberikan urusan kewenangan desa banyak sekali, sehingga desa semakin banyaknya urusan desa itu harus direncanakan dengan strategi atau inovasi yang bisa mengikuti agar desa tersebut bisa melaksanakan urusan dan tanggungjawabnya. Sistem Informasi Desa disingkat SID merupakan salah satu setrategi, agar semua urusan desa nanti meskipun banyak tetap bisa berjalan, salah satunya dengan mengoptimalkan atau mendayagunakan SID.

Konsep Kabupaten Pati untuk menghadapi urusan desa yang samakin banyak salah satunya mengembangkan Sistem Informasi Desa “terintegrasi”, dengan SID beberapa aplikasi bekerja. Wadahnya SID didalamnya ada beberapa aplikasi :

  • Profil Desa,
  • Data Kemiskinan Desa,
  • Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) dan beberap aplikasi lainnya

Demikian pengantar sambutan dari Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Pati Bapak Dr. Muktar, S.IP, MM, sebelum menutup acara Pelatihan Sistem Informasi Desa bagi Aparatur Pemerintah Desa dan Kecamatan yang diselenggarakan oleh Dispermades Bidang Pengembangan mulai tanggal 23 Juli 2018 s/d 11 Agustus 2018 Sabtu hari ini.