Perlukah Vitamin A Bagi Bayi dan Balita?

Sebagian besar Anda tentu telah mengetahui bahwa setiap bulan Februari dan Agustus merupakan bulan Vitamin A. Pada bulan tersebut dilakukan pemberian vitamin A dosis tinggi untuk bayi dan balita usia 6-59 bulan. Pada Bayi  usia 6-11 bulan diberikan vitamin A kapsul biru (dosis 100.000 IU) dan pada Balita usia 12-59 bulan diberikan vitamin A kapsul merah (dosis 200.000 IU). Penelitian diberbagai negara menunjukkan bahwa pemberian suplementasi kapsul A sebanyak 2 kali setahun pada balita merupakan salah satu intervensi kesehatan yang berdaya ttingkat tinggi bagi pencegahan kekurangan vitamain A dan kebutaan serta penurunan  kejadian kesakitan dan kematian pada balita.

Vitamin A penting untuk kesehatan mata dan mencegah kebutaan, dan yang lebih penting lagi vitamin A dapat meingkatkan daya tahan tubuh. Anak yang cukup mendapat vitamin A akan menjadi lebih kebal dan apabila terkena diare, capak atau penyakit infeksi lain tidak mudah menjadi parah sehingga tidak membahayakan jiwa anak.

Kader Posyandu Anggrek dan Mawar Desa Tambahmulyo hari Senin 13 Agustus 2018 kemarin mengadakan kegiatan penimbangan bayi dan balita didalamnya sekaligus pemberian vitamin A pada bayi dan balita yang ada di 3 (tiga) posyandu tersebut yang diberikan langsung oleh Ibu Titik Murwati Bidan Desa Tambahmulyo.