Vitamin A dan Obat Cacing untuk Balita

Kader Posyandu Dahlia pemberian vitamin A

Bulan Agustus merupakan bulan yang dinanti oleh masyarakat yang memiliki anak balita. Pemerintah pada bulan ini memberikan vitamin A secara cuma-cuma. Pentingnya vitamin A dan Obat Cacing diusia dini menjadi perhatian. Pembagian obat cacing dilakukan secara rutin setahun sekali di bulan Agustus ini, sementara pemberian vitamin A diberikan dua kali dalam setahun tiap bulan Februari dan Agustus.

Bidan Desa memberikan vitamin A di Posyandu Dahlia

Di bulan Februari dan Agustus rutin diberikan vitamin A untuk balita dan anak usia pra sekolah, untuk pemberian obat cacing diberikan untuk usia 1-12 tahun bagi anak pra sekolah sampai dengan sekolah yang diberikan tiap tahun hanya bulan Agustus. Pemberian obat cacing berbarengan dengan pemberian vitamin A di bulan Agustus.

Kader Posyandu Menimbang Bayi

Strategi pemberi obat cacing massal dilakukan secara terintegrasi dengan pemberian vitamin A pada anak usia balita dan melalui program UKS untuk anak sekolah.

Tujuan pemberian obat caing iini adalah menurunkan angka prevalensi kecacingan pada anak usia prasekolah dan anak usia sekolah melalui pemberian obat cacing terintegrasi. Sasaran kegiatan ini yaitu :

  • Pemberian obat caing pada anak usia prasekolah (12-59 bulan) dilaksanakan secara terintegrasi dengan pemberian vitamin A di Posyandu
  • Pemberian obat cacing pada anak usia 6 – 12 tahun dilaksanakan secara terintegrasi dengan kegiatan UKS

Posyandu Dahlia Selasa 14 Agustus 2018 hari ini mengadakan kegiatan rutin penimbangan Bayi dan Balita, selain melaksanakan kegiatan rutin setiap bulan khusus bulan Agustus ini ada tambahan paemberian vitamin A dan obat cacing untuk anak usia 12 – 59 bulan.

  • posyandu Dahlia Ukur tinggi badan