POSYANDU DESA TAMBAHMULYO

Kegiatan Imunisasi

POSYANDU DESA TAMBAHMULYO

Kegiatan Rutin Setia 1 bulan sekali Desa Tambahmulyo melakukan Kegiatan Timbang Balita yang terdiri dari 5 Pos yang pertama setiap Tanggal 12 yang di adakan di Posyandu Anggrek yang bertempat di Rumah Ibu Yusalis, hari Kedua di adakan di Posyandu Mawar yang bertempat di rumah Ibu Supiah, hari ketiga di lakukan di Posyandu Dahlia bertempat di Rumah Bapak Aris Khumaidi S.H selaku Kepala Desa Tambahmulyo, hari keempat di lakukan Posyandu Melati bertempat di rumah Ibu Kulsum, dan hari kelima di lakukan Posyandu Bugenvil bertempat di rumah Bapak Ahmad Juin selaku Kaur Kesra.

Suasana Kegiatan di Posyandu Anggrek

Posyandu merupakan salah satu bentuk Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) yang dikelola dari, oleh, untuk, dan bersama masyarakat, guna memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar.

Suasana di Posyandu Mawar

Posyandu menjadi lembaga strategis di tingkat bawah yang berperan langsung membentuk  kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) sejak dini melalui upaya peningkatan gizi ibu dan bayi serta pemantauan tumbuh kembang anak. Menciptakan generasi emas kuncinya adalah kualitas SDM yang harus dibentuk sejak usia golden age yakni usia 0-5 tahun. Disinilah  Posyandu berperan menjadi instrumen yang mendampingi para orang tua dalam pola pengasuhan anak dan berkontribusi memberikan tambahan asupan gizi yang seimbang baik bagi anak maupu ibu hamil.

Suasana di Posyandu Dahlia

Peranan Posyandu yang strategis dalam menciptakan SDM berkualitas sejak dini, perlu ditindak lanjuti dengan penguatan terhadap lembaga tersebut. Upaya peningkatan peran dan fungsi Posyandu bukan semata-mata tanggungjawab pemerintah saja, namun semua komponen yang ada di  masyarakat, termasuk kader. Peran kader dalam penyelenggaraan Posyandu sangat besar karena selain sebagai pemberi informasi kesehatan kepada masyarakat juga sebagai penggerak masyarakat untuk datang ke Posyandu dan melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat.

Suasana di Posyandu Melati
Suasana di Posyandu Bugenvil
Facebook Comments