PMT POSYANDU DESA TAMBAHULYO

Para Kader Posyandu Ds. Tambahmulyo

Posyandu Sebagai Pencegah Dini Covid-19 pada Bayi dan Balita

Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) adalah kegiatan kesehatan dasar yang diselenggarakan dari, oleh dan untuk masyarakat yang dibantu oleh petugas kesehatan. Posyandu merupakan salah satu Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM). Jadi, Posyandu merupakan kegiatan swadaya dari masyarakat di bidang kesehatan dengan penanggung jawab kepala desa.

Kegiatana Posyandu Ds. Tambahmulyo

Menurut Depkes tujuan diselenggarakan Posyandu adalah untuk:
– Mempercepat penurunan angka kematian bayi, anak balita dan angka kelahiran.
– Mempercepat penerimaan NKKBS.
– Meningkatkan kemampuan masyarakat untuk mengembangkan kegiatan-kegiatan kesehatan dan lainnya yang menunjang, sesuai dengan kebutuhan.

Perangkat posyandu terdiri dari Bidan Desa dan Kader Posyandu. Pelayanan di Posyandu merupakan pelayanan pada bayi/balita yang meliputi imunisasi, timbang berat badan dan vaksinasi.

Para Kader Posyandu Ds. Tambahmulyo

Posyandu belakangan ini selain memantau tumbuh kembang anak (bayi/balita) juga untuk pencegahan dini terhadap penyebaran Virus Corona (Covid-19). Pemeriksaan dilakukan oleh Bidan Desa terhadap anak yang datang ke Posyandu, dengan mengecek suhu tubuhnya dll.

Kegiatan Rutin Posyandu Ds. Tambahmulyo

Posyandu sangat tepat untuk pencegahan virus corona ini, setidaknya dapat mendeteksi secara dini pada bayi/balita. Namun demikian masih ada beberapa warga yang enggan membawa anak bayi/balitanya ke Posyandu padahal posyandu ini gratis dan sangat bermanfaat untuk buah hatinya. “Imam.S”