Pemberian Bantuan Benih Padi Pada Poktan Desa Tambahmulyo

  • Mar 22, 2023
  • TAMBAHMULYO-JAKENAN
  • BERITA, POTENSI DESA

Tambahmulyo - 21-03-2023  Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Pati kembali memberikan bantuan benih padi kepada Poktan (kelompok Tani) yang ada di Desa Tambahmulyo Selasa (21/03/2023) pukul 15.30 WIB. Tiga Poktan yang menerimanya adalah Tani Selamet, Tani Makmur dan Tani Lestari. Pemberian bantuan ini dilaksanakan di Balai Desa Tambahmulyo.

Perwakilan Dinas Pertanian dan Pangan Pati, Lasni sebagai Penyuluh Pertanian Tambahmulyo turut serta mendampingi pemberian bantuan ini. Bantuan yang telah diterima sebanyak 575 Kg untuk Poktan Tani Selamet, 525 Kg untuk Poktan tani Makmur, dan 875 Kg untuk Poktan Tani Lestari. Benih padinya SS varietas inpari 32. Benih ini cocok untuk lahan yang ketersediaan airnya cukup.

Tujuan adanyan pemberian bantuan benih adalah meringankan petani yang ada di Desa Tambahmulyo. “Berkat bantuan dari Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Pati, anggota Poktan yang membutuhkan benih padi sedikit terbantu. Jika kita membeli benih padi secara mandiri itu bisa sampai 30-40 juta karena satu bantal benih harganya berkisar Rp 60.000,00. ” Jelas Lasni.

Selain itu, Pemberian bantuan benih padi tersebut sebagai upaya menambah produktivitas dan mutu hasil pangan para petani.  Rencana mulai besok pagi benih padinya akan didistribusikan kepada petani yang memiliki sawah sesuai dengan kebutuhannya. “Petani adalah tiang ekonomi pangan di Desa yang memang harus diperhatikan dan diutamakan guna terciptanya masyarakat yang sejahtera dan makmur. Saya selaku ketua kelompok tani mengucapkan terima kasih kepada Dinas Pertanian dan Pangan Kebumen yang telah memberikan bantuan ini kepada kami. Bagi kami ini hal yang menggembirakan dan diluar dugaan akan diberi bantuan sebanyak 1,7 ton.” Terang Abdul Wahab salah satu pengurus Poktan Selamet. “Harapan saya dengan adanya bantuan ini, Poktan di Desa Tambahmulyo semakin semangat mengolah sawah sehingga produktivitas meningkat. Selanjutnya, bisa menciptakan ketahanan pangan di Desa Tambahmulyo dan membawa petani di Desa Tambahmulyo semakin meningkatkan perekonomian keluarganya melalui panen padi.” Pungkasnya.