PELANTIKAN PANTARLIH SERENTAK, DESA TAMBAHMULYO SIAP MENDATA SUARA PEMILU ANDA

  • Mar 09, 2023
  • TAMBAHMULYO-JAKENAN
  • KEGIATAN

Tambahmulyo - Sebanyak 19 Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) dilantik di Desa Tambahmulyo yang dilakukan secara serentak dan nasional serta disirkan secara live youtube, Minggu (12/2/2023). Usai pelantikan, Pantarlih langsung mengikuti Bimbingan Teknis dari PPK Kecamatan Jakenan yang di selenggarakan Oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Tambahmulyo dan menjalankan tugas melakukan pencocokan dan penilitian (coklit) data pemilih pemilu 2024.

Agenda coklit data pemilih dilakukan setelah pelantikan ini mulai 12 Feburari hingga 14 Maret 2023 melalui tahapanbeberapa hal :

  1. Pantarlih diangkat PPS Desa atas nama KPU Kabupaten/Kota.
  2. Seleksi penerimaan Pantarlih dilakukan secara transparan dengan mempertimbangkan kualifikasi, kapasitas, integritas dan kemandirian calon Pantarlih.

Ketua PPS Desa Tambahmulyo, Muharto, dalam arahanya kepada Calon PANTARLIH Desa Tambahmulyo menjelaskan Tugas Pokok dan Fungsi PANTARLIH yaitu :

  1. Melakukan penelitian dan pencocokan data pemilih yang ada.
  2. Membantu KPU di Kabupaten/Kota, PPK, PPS dalam pemutakhiran data pemilih dan penyusunan data.
  3. Menyerahkan hasil pencocokan data pemilih
  4. Melaporkan hasil pencocokan berdasarkan data pemilih.
  5. Melaksanakan tugas lain yang diberikan KPU di Kabupaten/Kota, PPK, PPS sesuai perundang-undangan yang berlaku.

Menurutnya, jumlah 19 Pantarlih yang dilantik sesuai dengan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Desa Tambahmulyo untuk pemilu 2024 mendatang.

Pada kesempatan itu Kepala Desa Tambahmulyo, Eka Kurnia Sejati juga memberikan  himbauan kepada petugas Pantarlih, mengingat petugas Pantarlih merupakan orang yang paling bertanggung jawab melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih. Oleh sebab itu, Eka Kurnia Sejati, berharap petugas Pantarlih ini dapat bekerja dengan teliti agar tidak ada suara masyarakat yang tidak bisa digunakan saat pemilihan nantinya. Selain itu, Kepala Desa Tambahmulyo juga menyampaikakan agar Petugas Pantarlih bekerja secara netral.
"Yang perlu dicocokkan dan diteliti, terkadang orangnya di Tambahmulyo tapi dia bekerja di luar Desa. Pada saat memilih dia tidak dapat undangan dan ini jadi ribut, nah ini yang perlu kita antisipasi. Dan Yang perlu diperhatikan agar anggota pantarlih bertugas netral dilapangan" ujar Eka Kurnia Sejati Pada saat membuka Acara Pelantikan ini.